Subscribe:

Ads 468x60px

aaa

Minggu, 01 Januari 2012

Batanghari Sembilan


Sungai didalam bahasa Sumatera Selatan disebut dengan Batang Hari. Dalam bahasa Melayu disemenanjung Malaysia Sungai disebut dengan Batang. 
Sumatera Selatan mempunyai Sembilan Batang Hari yang besar yaitu :
1. Batang Hari Musi adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian seberang ulu dan seberang ilir. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.
2.    Batang Hari Komering adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Sungai ini membelah Kota Martapura kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kayu Agung kabupaten Ogan Komering Ilir. Kayuagung sebuah kota yang terletak di lintas timur sumatera, salah satu dari kabupaten dari provinsi Sumatera Selatan (Palembang), Kayuagung yang berjarak 65 KM dari pusat kota Palembang. Kayuagung merupakan ibukota kabupaten Ogan Komering Ilir.
3. Batang Hari Ogan adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Sungai ini membelah Kota Baturaja atau Kingstone, dengan tiga jembatan penghubung yang menghubungkan antara bagian Timur dan bagian Barat yaitu jembatan Ogan satu, Ogan dua dan Ogan tiga. Sungai Ogan merupakan sungai terbesar di wilayah Ogan Ilir dan Ogan Ulu. Setelah melintasi wilayah Ogan Ulu, air sungai ini terus mengalir di Ogan Ilir mulai dari Kuang Dalam marga Muara Kuang, melalui marga Lubuk Keliat, Rantau Alai, Pegagan Ulu Suku Dua, Pegagan Ilir Suku Dua, Pegagan Ilir Suku Satu, Sakatiga, dan berakhir di Marga Pemulutan yang berbatasan langsung dengan kota Palembang. Muara sungai ini dikenal pula dengan sebutan Muara Ogan, berada di tempat yang sekarang dikenal sebagai wilayah Kertapati.
4. Batang Hari Lematang adalah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Sungai ini membelah Kota Lahat, kabupaten Lahat, provinsi Sumatra Selatan. Di sungai ini pernah diketemukan jenis perahu zaman dahulu yang disebut biduk. Dahulunya sungai ini sering dilewati kapal roda lambung yang penelusuri daerah dan singgah untuk menjual barang dagangan. Dari sinilah asal mula nama kota Lahat lahir, yaitu pada saat kapal meninggalkan daerah yang disinggahi maka orang setempat pulang dari pinggir sungai yang dalam bahasa Lahatnya Larat (pergi).
5.    Batang Hari Kelingi sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Sungai ini membelah kota Lubuk Linggau. Selain sungai Kelingi di kabupaten Musi Banyu Asin terdapat juga sungai Mesat dan sungai Malus yang berada dekat dengan pemukiman dan lokasi industri serta masih menjadi tempat Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). Pada sungai Kelingi terdapat Bendungan Watervang, di bangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1941. Fungsi utama di bangunnya bendungan air terjun watervang ini adalah sebagai pengairan persawahan masyarakat yang luasnya ± 8.000 ha yang terletak di kawasan sepanjang sungai Kelingi Kota Lubuklinggau sampai ke Kecamatan Tugu Mulyo, dan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.
  1. Batang Hari Lakitan adalah sungai terletak di provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Musi Rawas banyak terdapat sungai-sungai besar yang dapat dilayari, sebagian besar sungai-sungai tersebut bermata air dari bukit barisan. Adapun sungai-sungai yang terdapat di Kabupaten Musi Rawas terdiri dari Sungai Rawas, Sungai Lakitan, Sungai Kelingi, Sungai Rupit dan Sungai Musi. 
  2. Batang Hari Semanggus 
  3. atang Hari Rawas adalah sungai terletak di provinsi Sumatera Selatan. Sungai melalui wilayah kecamatan Rawas Ilir, kecamatan Karang Dapo, kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas. 
  4. Batang Hari Leko

0 komentar:

Posting Komentar